WRITE YOUR FUTURE
Welcome To My Blog
Enjoy your time

Teknik Dasar Kriptografi

Tidak ada komentar
Pada penulisan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai beberapa teknik dasar kriptografi. Kriptografi sendiri merupakan sebuah seni untuk membuat sebuah enkripsi dimana enkripsi akan berfungsi untuk membuat suatu pesan menjadi rahasia dan tidak mudah untuk diketahui oleh orang lain.


Berikut ini adalah beberapa teknik dasar kriptografi yang dijelaskan secara singkat :

1. Subtitusi
          Pada subtitusi, kita akan mengganti sebuah karakter dengan karakter lainnya, biasanya pengubahan karakter ini ditentukan oleh pembuat pesan yang tentunya harus dimengerti oleh penerima pesan.

2. Bloking
         Pada bloking, pengguna akan membuat sebuah blok yang akan membagi plaintext ke dalam beberapa blok yang sudah dibuat oleh pengguna yang hanya dapat dimengerti oleh penerima pesan.

3. Permutasi
        Pada permutasi, pembuat pesan akan merotasikan/memutarkan karakter dalam sebuah kalimat yang telah dibuat sesuai dengan aturan. Aturan ini hanya dapat dimengerti oleh pembuat dan penerima pesan.

4. Ekspansi
        Pada ekspansi, pembuat pesan akan membuat sebuah pesan yang akan diperpanjang. Biasanya, huruf konsonan atau bilangan ganjil akan ditambahkan "-an" pada bagian belakang dan huruf paling depan pada kata itu pun dijadikan didepan "-an" tadi. Dan pada huruf vokal atau bilangan genap, bagian paling belakang akan ditambahkan "-i".

5. Pemampatan.
       Pada pemampatan, sebuah pesan akan dibagi sesuai dengan aturan pembuat pesan. Dimana setiap beberapa huruf/karakter biasanya akan diberikan sebuah batasan. Pada batasan tersebut nantinya ada karakter yang dihalangkan. Setelah dihilangkan pesan akan dimampatkan. Setelah pesan dimampatkan, pesan akan digabungkan antara pesan yang akan dimampatkan dan pesan yang hilang tadi. Biasanya pesan tersebut dihubungkan dengan tanda "&" atau "*" sebagai pembeda/kode antara pesan yang dihilangkan dan pesan yang dimampatkan.

Contoh pembuatan enkripsi dengan menggunakan teknk-teknik seperti diatas :

Diketahui sebuah plaintext akan di enkripsikan, Enkripsikanlah plaintext berikut kedalam bentuk ciphertext :

Plaintext : 
"UJIAN SISTEM KEAMANAN KOMPUTER AKAN DILAKSANAKAN PADA HARI SENIN"

1. Subtitusi(ROT 13)

    Berikut adalah rumusnya :

 
     Lalu gunakan rumus tersebut untuk membuat ciphertextnya maka akan menjadi seperti berikut :


2. Bloking

    Berikut ini adalah teknik bloking dan penyelesaiannya :
   
   Pada bloking diatas, pesan dimasukkan secara vertikal dan ciphertext dibuat secara horizontal. Bloking terdiri sebanyak 10 blok dan memiliki 6 kolom.

3. Permutasi

    Berikut ini adalah teknik permutasi dan penyelesaiannya :

   Pada teknik permutasi diatas, saya menggunakan aturan permutasi yang akan terdiri dari 6 karakter dimana karakter pertama ditukar dengan karakter terakhir, karakter kedua dan karakter kelima tidak ditukar, dan karakter ketiga ditukar dengan karakter keempat dan begitu pula sebaliknya.


4. Ekspansi

    Berikut ini adalah teknik ekspansi dan penyelesaiannya :

    Pada teknik ekspansi diatas, saya menggunakan aturan dimana tiap kata dengan awalan huruf vokal akan ditambahkan imbuhan "-i" pada akhir kalimatnya sedangkan kata dengan awalan huruf konsonan huruf terdepannya dipindahkan ke belakang kata lalu ditambahkan imbuhan "-an" diakhir kata.

5. Pemampatan

    Berikut ini adalah teknik pemampatan dan penyelesaianya :
1
Step pertama adalah membagi menjadi 3 karakter di setiap bagian kalimat seperti gambar diatas.
2
Setelah ditentukan, masukkan kata yang telah dihilangkan tadi ke dalam pesan yang dilampirkan, dan spasi juga dihitung sebagai karakter. *blok warna biru itu merupakan tanda dari spasi.
3
Setelah itu, gabungkan seluruh kata baru yang telah dihilangkan karakternya dan juga perhatikan spasi yang tidak ikut dihilangkan. Lalu masukkan ke dalam pesan yang dimampatkan.  *blok warna biru merupakan spasi.
4
Setelah itu, gabungkan pesan yang dimampatkan dan pesan yang dilampirkan dimana digabungkan dengan tanda "&" atau "*" dan juga masukkan spasi yang terdapat di dalamnya. Dan sebuah ciphertext pun telah terbentuk.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar