WRITE YOUR FUTURE
Welcome To My Blog
Enjoy your time

Perancangan Game Catur 2D dengan menggunakan Game Maker

1 komentar
Pada penulisan kali ini saya akan menampilkan tentang game yang telah saya buat dengan menggunakan aplikasi game maker. Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang apa saja yang saya gunakan untuk membuat game ini.

Aplikasi/Software yang digunakan adalah :
- Game Maker Lite 8.1
- Adobe Photoshop/Adobe Illustrator/Corel Draw
- .NET Framework 3.5

Game Maker Lite 8.1
Merupakan program utama pada pembuatan game kali ini, game maker digunakan untuk membuat beberapa interface dari game seperti field/board yang akan digunakan pada game serta isi dari kode program yang akan dibuat untuk memberikan inputan aksi/event apa saja yang dapat dilakukan oleh pemain pada game yang dibuat. Selain itu, kita juga dapat menambahkan beberapa kontrol yang dapat digunakan untuk membuat menu pada game dan juga disediakan beberapa tools-tools yang berguna untuk membuat interface game menjadi menarik

Adobe Photoshop/ Adobe Illustrator/ CorelDraw
Merupakan program yang digunakan untuk membuat sebuah gambar yang nantinya akan dimasukkan ke dalam game. Semakin banyak aksi/event yang dapat dilakukan oleh program semakin banyak pula gambar yang harus kita gunakan. Maka dari itu kita juga perlu menggunakan program diatas untuk membuat gambar untuk game tersebut.

.Net Framework 3.5
Merupakan sebuah software yang menyediakan kerangka kerja sebagian besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem. Jika sofrware ini belum kita install maka Game maker tidak akan berjalan karena software ini dibutuhkan oleh game maker sebagaimana fungsinya yang dijelaskan tadi.

Permainan Catur
Permainan catur yang dibuat ini merupakan permainan catur klasik yang memiliki grafis secara kartun dan memiliki sudut pandang 2D. Berikut adalah contoh gambaran dari game tersebut :


Game ini dibuat berdasarkan aturan utama yang ada pada catur. Berikut adalah penjelasan dari tiap-tiap anak catur yang ada diatas :

- Pion : Merupakan prajurit garis depan yang digunakan dengan cara maju satu langkah ke depan dan tidak bisa mundur akan tetapi memiliki kelebihan pada gerakan pertama dimana bisa jalan dua langkah dan bisa di promosikan menjadi salah satu petinggi seperti benteng/menteri/ksatria/ratu dan juga jika pion ingin memakan lawan maka harus dilakukan secara diagonal dan tidak dapat secara lurus.

- Benteng : Merupakan prajurit yang memiliki kemampuan untuk dapat berjalan lurus atau pun kesamping, benteng tidak memiliki batasan dalam melangkah selama benteng masih berjalan lurus ataupun kesamping dan bisa maju juga mundur.

- Ksatria : Merupakan prajurit yang hanya bisa berjalan mengikuti huruf  "L" dan Ksatria bisa jalan kemanapun baik maju atau mundur asalkan selalu berjalan "L" dan hanya memiliki 4 langkah untuk membentuk "L" (Langkah dihitung dari tempat ksatria berada)

- Menteri/Peluncur : Merupakan prajurit yang hanya berjalan secara diagonal baik itu ke kanan atau pun ke kiri, dimana akan ada 2 menteri yang satu menteri putih yang satu menteri merah. Menteri Putih hanya dapat berjalan secara diagonal sesuai dengan tempat awalnya yaitu putih begitu juga dengan menteri merah dimana hanya dapat berjalan secara diagonal yang memiliki warna merah

- Ratu : Merupakan prajurit terkuat yang ada dimana langkah dari Ratu tidak terbatas dan bisa ke segala arah akan tetapi tidak bisa berjalan seperti ksatria yang mengikuti huruf "L"

- Raja : Merupakan tujuan dari permainan ini, raja hanya dapat berjalan satu langkah ke segala arah dan memiliki kemampuan untuk bertukar tempat dengan benteng jika benteng tersebut hanya berjarak 2 langkah dari raja.

Cara Bermain :
1. Pemain yang memilih warna Putih akan memulai terlebih dahulu.
2. Setelah itu, Pemain selanjutnya akan bergantian untuk melakukan langkahnya.
3. Pemain dapat memakan catur lawan asalkan sesuai dengan langkah yang digunakan oleh masing-masing kemampuan catur tadi(Kecuali pion yang harus makan dengan cara diagonal).
4. Jika pion sudah sampai ujung papan catur/tempat lawan maka pion dapat di promosikan menjadi benteng/menteri/ksatria ataupun ratu.
5. Jika raja terkena serangan maka akan ada pemberitahuan "Check"/"Skak" dimana itu adalah tanda yang harus diberitahukan bahwa raja sedang alam bahaya dan harus memindahkan raja ke tempat lain yang lebih aman.
6. Untuk memenangkan permainan ini, pemain harus bisa melakukan "skakmat"/"Checkmate" terhadap lawan dimana hal ini menandakan bahwa raja tidak bisa lagi kabur kemana-mana/ tidak bisa dipindahkan kemana-mana
7. Pemain yang melakukan hal seperti pada poin 6 adalah pemain yang memenangkan pertandingan.

1 komentar :